lagu

Rabu, 13 Maret 2013

Bagaimana Kita Mengetahui Bentuk Galaksi Bima Sakti?

Memang agak aneh sih, kenapa para ilmuwan bisa menyimpulkan kalau bentuk galaksi kita spiral? Kenapa mereka bisa membuat ilustrasi galaksi kita padahal kita tidak dapat memotretnya secara utuh?
Sekarang mari kita analogikan dengan mempelajari rumah kita sendiri. Bayangkan Anda berada dalam rumah yang terkunci dan Anda tak pernah bisa keluar dari rumah itu. Jadi Anda pun tidak akan tahu bagaimana bentuk rumah Anda secara utuh. Bagaimana cara Anda memperkirakan bentuk rumah Anda?
Dari dalam rumah Anda bisa mengamati setiap sisi dan sudut. Kita tahu seperti apa kira-kira bentuk temboknya, atapnya, jendelanya. Kemudian kita juga bisa melihat rumah-rumah lain dari balik jendela. Maka kita pun bisa membandingkan dengan rumah-rumah tetangga  dan mencari kira-kira rumah kita mirip yang mana. Maka kemudian kita pun bisa menggambarkan seperti apa rumah kita.
Demikian juga halnya dengan para ilmuwan yang berusaha mencari bentuk Bimasakti. Meskipun kita tidak bisa memotret seluruh galaksi Bimasakti dari “atas”, tapi dari Bumi kita bisa melihat ke arah pusat galaksi Bimasakti untuk mengenal seperti apa bentuknya dan kemudian juga memotret sisi Bimasakti dari dalam galaksi Bimasakti itu sendiri. Kemudian kita bandingkan dengan galaksi lainnya yang kita lihat dan akhirnya bisa memprediksi seperti apa bentuknya tanpa harus keluar dari Bimasakti.
Posisi Bumi di dalam Galaksi Bimasakti
Mengapa para ilmuwan begitu yakin dengan pendapat bahwa galaksi kita spiral? Ketika kita melihat Bimasakti dari dalam, kita bisa melihat ke arah pusat galaksi yang ternyata seperti garis tipis panjang. Bentuknya mirip cakram dan bukannya ellips.  Bentuk “bulge” atau tonjolan pada pusat galaksi seperti ini biasanya dimiliki oleh galaksi spiral. Selain itu kecepatan gerak bintang dan gas di dalam Bimasakti menunjukkan gerak rotasi yang lebih besar dari gerak acak. Ini merupakan ciri lain dari galaksi spiral. Karena itu kita bisa mengetahui bahwa galaksi Bimasakti punya bentuk seperti galaksi spiral lainnya.
Apakah ilustrasi para ilmuwan sesuai dengan kenyataan? Paling tidak, berdasar data-data ilmiah, bisa dikatakan sesuai. Itu adalah kebenaran ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan.
Sumber:
langitselatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar